Prof. Dr. H. Purwadhi, M.Pd menyampaikan materi manajemen kurikulum PT pada masa new normal

Prof. Dr. H. Purwadhi, M.Pd menyampaikan materi manajemen kurikulum PT pada masa new normal

Webinar KORPRI & Paguyuban Profesor LLDIKTI Wilayah IV

Rektor ARS University Prof. Dr. H. Purwadhi, M.Pd menyampaikan materi manajemen kurikulum PT pada masa new normal (27 November 2020), secara daring zoom meeting. Pada kesempatan tersebut, memberikan pengantar Ketua Korpri LLDIKTI IV Prof. Dr. Endang Komara, M.Si, dan keynote speaker kepala LLDIKTI IV Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd.

Dalam paparannya Purwadhi mengatakan alasan kenapa harus perubahan kurikulum, yaitu: Response to Dynamic Society, Continous Improvement, Development of Science and Tchnology, Focus on Customer Oriented, Organizational/school Accountability, Efficency and Effectivity, ref: (UNESCO, 2009; OECD, 2011: MOEC, 2014).

Pengembangan Kurikulum  PT Pada Abad 21: Deepth of Learning Experiences: Pendalaman Pengalaman Belajar di kampus dan di luar kampus; Breadth of Learning Experiences: Perluasan Pengalaman Belajar di Kampus dan di Luar Kampus.

KKNI merupakan sistem yang berdiri sendiri dan merupakan jembatan antara sektor Pendidikan dan pelatihan untuk membentuk sumber daya manusia nasional berkualifikasi (Qualified Person) dan bersertifikasi (Certified Person) melalui skema Pendidikan formal, non formal, informal, pelatihan kerja atau pengalaman kerja.

Pengembangan KBK dapat diselaraskan dengan KKNI sebagai berikut: Menyusun Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes); Merumuskan Profil Lulusan Program Studi; Perumusan Standar Kompetensi Lulusan; Perumusan Capaian Pembelajaran Program Studi; Perumusan Capaian Pembelajaran (Course Learning outcomes/CLO); Menemukan dan Mengenali Konsep Kunci dan Kata Kunci pada Capaian Pembelajaran Matakuliah,  Pengembangan RPKPS (Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester).

Karakteristik Proses Belajar di PT, antara lain: Berpusat pada peserta didik, Interaktif, Holistik, Integratif, Saintifik, Konstektual, Tematik, Efektif dan Kolaboratif.

Rencana Pembelajaran Semester:  (1) Nama PS, nama & kode MK, semester, sks, nama dosen pengampu; (2) CP Lulusan yang dibebankan pada MK; (3) Kemampuan akhir yang direncanakan pada tahap pembelajaran untuk memenuhi CP lulusan; (4) Bahan kajian yang terkait dengan kemampuan yang akan dicapai.

(5) Metode pembelajaran; (6)  Waktu yang disediakan untuk mencapai kemampuan pada tiap tahap pembelajaran; (7)  Pengalaman belajar mahaiswa yang diwujudkan dalam deskripsi tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa selama 1 semester; (9)  Kriteris, indikator, dan bobot penilaian; (10) Daftar referensi yang digunakan.

Kurikulum adaptif sangat diperlukan untuk menghadapi pandemik dan persiapan dalam menghadapi Era New Normal. Kegiatan belajar yang dialihkan dari rumah, baik melalui PJJ maupun Blended  Learning harus dibarengi dengan penerapan kurikulum adaptif sehingga proses interaksi antara mahasiswa dengan dosen dapat berjalan dengan baik serta tujuan pembelajaran dapat tercapai.

***