Pengabdian Kepada Masyarakat Dengan Tema “Peningkatan Pemanfaatan Teknologi dan Literasi Digital Bagi Desa Margamukti"

Pengabdian Kepada Masyarakat Dengan Tema “Peningkatan Pemanfaatan Teknologi dan Literasi Digital Bagi Desa Margamukti"

Pada hari jum’at 21 Oktober dilakukan penutupan pengabdian kepada masyarakat, dimana mahasiswa dan dosen di lingkungan Program Studi Sistem Informasi telah melakukan pengabdian masyarakat selama 30 hari. Kegiatan pengabdian ini merupakan kegiatan Sosisalisasi dan Pelatihan yang bertema ““Peningkatan Pemanfaatan Teknologi dan Literasi Digital Bagi Desa Margamukti” sekaligus Pelatihan Branding Produk dan Digital Marketing Pada UMKM di lingkungan desa Margamukti. Maksud dan Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah untuk mengenalkan dan mengimplementasikan sistem berbasis teknologi digital bagi Desa dan Masyarakat di lingkungan Margamukti.

Jumlah dosen dan mahasiswa yang terlibat sebanyak 42 orang, terdiri dari 12 Dosen pendamping dan 30 mahasiswa yang berasal dari program studi sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya.

Minggu pertama dilakukan pembentukan kelompok sesuai dengan kebutuhan masing-masing elemen di desa margamukti, dimana terbentuk 6 kelompok untuk melakukan pendampingan di lingkungan desa margamukti, yaitu UMKM, Sekolah dasar, dan Kantor desa Margamukti, selama 3 minggu mahasiswa dan dosen melakukan observasi untuk menganalisis kebutuhan masing-masing elemen, pada minggu ke 4 mahasiswa serta dosen melakukan pendampingan dan  presentasi untuk memberikan solusi terkait masalah-masalah yang ditemukan sebelumnya.

Pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu visi dan misi dari Tri Dharma perguruan tinggi di Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan hubungan sosial yang baik antara pihak perguruan tinggi, terutama mahasiswa dengan masyarakat sekitar sekaligus sebagai perwujudan selaku makhluk sosial. 

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatangan MoU antara Prodi sistem Informasi dengan Desa margamukti terkait pendampingan pemanfaatan teknologi bagi desa Margamukti.