Mahasiswa ARS University Sukses Menaikkan Kelas UMKM Dengan Seminar Kewirausahaan

Mahasiswa ARS University Sukses Menaikkan Kelas UMKM Dengan Seminar Kewirausahaan

Berwirausaha kini sudah menjadi bagian dari kegiatan ekonomi sebagian masyarakat Indonesia.

Namun sayangnya, banyak yang belum  paham dalam mempresentasikan usaha mereka sehingga mereka kesulitan dalam mengembangkan usahanya.

Sebagai upaya dalam pengembangan UMKM ini, mahasiswa ARS University angkatan 2021 jurusan ilmu komunikasi kelas 2B mengadakan seminar kewirausahaan yang bertemakan “Cara UMKM Memikat Hati Investor Dengan Presentasi Bisnis yang Strategis”.

Tujuannya diselenggarakan seminar UMKM tersebut sebagai bukti bahwa kami mahasiswa peduli terhadap pegembangan usaha di sektor UMKM.

Seminar ini menghadirkan 3 pembicara ahli di bidangnya masing-masing yakni Maya Retnasary, M.Ikom part of Diksi dari bidang akademis, Ahmad Syarif selaku Founder dan CEO Cyberlabs dan Wahyu Maulana sebagai Expansion Sales Lead Grabfood.

"Seminar ini didukung penuh oleh rektor yang dalam sambutannya berisi ungkapan bahagia dan bangga serta memberikan tips, yakni “4 kunci menjadi bos yaitu diperlukan knowledge, keterampilan, sikap mental dan leadership” tutur rektor ARS University, Prof. Dr. H Purwadhi M.Pd, dikutip Jabar Hits Adhirajasa Reswara Sanjaya University. Rabu, 27 Juli 2022.

Dilanjutkan dengan pemateri 1 yang membahas mengenai public speaking yang dibawakan oleh Maya Retnasari  M.Ikom Part Of Diksi beliau memberikan gambaran dan juga cara bagaimana presentasi yang baik dan benar.

Selanjutnya untuk pemateri 2 yang di bawakan oleh Ahmad Syarif yang memberikan strategi bagaimana cara presentasi agar dapat menarik investor bahkan hingga mencapai 1 Milyar dalam tempo waktu yang sangat singkat yaitu 3 bulan hanya dengan modal 22.500.000.

Ia juga memberikan informasi yang sangat signifikan, bahkan sangat membantu para UMKM dalam proses pengembangan bisnisnya hingga antusiasme peserta untuk bertanya sangatlah luar biasa.

Untuk pemateri 3 sekaligus penutup yaitu kang Wahyu sebagai support digitalisasi yang membahas mengenai bagaimana cara UMKM bisa menyesuaikan digitalisasi yang berkembang.

Dengan memberikan informasi mengenai digita yang sedang banyak digandrungi oleh banyak khalayak dan produknya dapat diketahui banyak orang. 

Seminar yang berlangsung ini diadakan secara hybrid dan berhasil menarik minat para pelaku UMKM dari berbagai daerah di Indonesia dengan total 76 peserta online dan 30 peserta offline yang hadir secara langsung ke aula Kampus ARS University, Bandung.

Media partner seperti 107.5 PRFM Radio, RKSB Maja FM, Komunitas Lebah Cerdas Indonesia, Mading Event serta Himakom ARS University turut berkontribusi dalam publikasi pre-event sebagai media partner. Kegiatan ini juga disponsori oleh Grab, BPJS Ketenagakerjaan, Applelicious dan Pindad International Logistic.

Perlu diketahui, kegiatan seminar Ini Ditujukan Untuk Para pelaku UMKM Sebagai Dukungan Dari Mahasiswa Guna Membantu Memulihkan Kestabilan Ekonomi Pasca Pandemi.