IoT Trends to Drive Innovation for Business

IoT Trends to Drive Innovation for Business

Seminar yang di selenggarakan pada tanggal 29 Januari 2022 dengan topik “IoT Trends to Drive Innovation for Business” dengan menghadirkan pemateri yang sudah malang melintang di bidang ICT pak Ir. Satriyo Dharmanto, M.Si. beliau adalah IEEE Indonesia Section, Advisory Board, beliau telah berkontribusi aktif dalam perkembangan ICT di Indonesia dan Asia Pacific sejak 27 tahun yang lalu. Saat ini beliau aktif sebagai Konsultan Komersial Demand Creation Palapa Ring, BAKTI-Kominfo. Pak Satriyo pernah menjabat sebagai Regional Sales Director Conax AS, Indonesia office, member of Telenor Group – Norway (2011-2018). Sebagai Founder and CEO PT. Multikom Global Mediatama. Beliau adalah Senior Member IEEE, pernah menjabat sebagai Asia Pacific Industry Relation committee IEEE Region-10, menjabat sebagai ketua IEEE Indonesia section 2014-2017, ketua IEEE Communication Society Indonesia Chapter periode 2011-2014, dan saat ini sebagai IEEE Indonesia section Advisory Board.

Digitalisasi berupa transformasi lingkungan tekno-ekonomi dan operasi sosial-kelembagaan melalui komunikasi dan aplikasi digital. Digitalisasi, sebagai proses sosial, mengacu pada transformasi lingkungan tekno-ekonomi dan operasi sosial-kelembagaan melalui komunikasi dan aplikasi digital. Untuk mengukur dampak ekonomi dari digitalisasi, perlu dikembangkan metrik yang menentukan tingkat perkembangan ekosistem digital suatu negara. Selama masa Pandemic (2019 – 2021), E-commerce dan Online Media memiliki pertumbuhan (Growth / CAGR) yang cukup tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa Digital Economy memiliki tingkat Resiliensi yang cukup tinggi. Belanja online diharapkan menjadi norma bagi konsumen dari segala usia, baik di perkotaan maupun pedesaan, dan hampir 50% belanja ritel akan terjadi secara online, sampai dengan 2025. Pergeseran besar-besaran ke industri digitalisasi, yaitu Industri 4.0, contoh dari perubahan yang sulit namun kritis dan perlu terjadi. Seperti Internet of Things (IoT) yang akan mengguncang banyak industri lain berkat meningkatnya pertumbuhan cloud dan 5G, itu juga akan mengubah kepemilikan di bidang manufaktur. Akan ada begitu banyak yang bisa diperoleh dari bentuk baru dalam mengelola proses kerja industri, dari menghemat waktu hingga biaya hingga cara-cara baru dalam menjalankan bisnis.

Penerapan Algoritma berbasis AI dan Big Data, untuk penyempurnaan sistem menjadi lebih sesuai dengan harapan user. Penerapan IoT telah merambat keberbagai bidang salah satunya dimanfaatkan untuk Automation in Agriculture, Monitoring of climate conditions, End-to-end farm management systems. Selain industri pemanfaatan IoT juga dimanfaatkan di Pemerintahan dengan diimpelementasikannya Smart City.

Pada seminar hari ini dihadiri lebih dari 150 mahasiswa terdiri dari Program Studi Sistem Informasi dan Program Studi Teknik Informatika. Mahasiswa terdiri dari semester 1, 3, 5 dan 7. Antusias mahasiswa pada seminar kali ini sangat tinggi dilihat dari diskusi yang diadakan di akhir webinar, sehingga waktu webinar tidak terasa lebih dari 2 jam. Pada webinar hari ini banyak sekali masukan dan pengetahun yang bisa di ambil oleh mahasiswa dari webinar hari ini.