ARS University terpilih sebagai dosen Modul Nusantara

ARS University terpilih sebagai dosen Modul Nusantara

Seiring dengan berjalannya program pertukaran mahasiswa tahun 2021, diperlukan peran dosen dalam memberikan pengetahuan tentang keragaman kebudayaan Indonesia. Peran dosen ini tersusun dalan bentuk modul nusantara.

Modul Nusantara bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air yang meliputi empat jenis kegiatan; kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial.

ARS University yang diwakili dosen dari prodi ilmu komunikasi berhasil ditetapkan sebagai salah satu yang dinyatakan lolos sebagai dosen pengampu modul nusantara.

Selamat kepada:

1. Dr. Dasrun Hidayat, M.I.Kom

2. Iris Fatia Maharani, S.Ip., M.Pd

Elemen-elemen penting dalam Pertukaran Mahasiswa Merdeka, memungkinkan terjadinya pertukaran mahasiswa antarpulau baik dari PTN ke PTS maupun sebaliknya. Perguruan tinggi wajib memberikan konversi dan pengakuan sistem kredit semester (SKS) sebanyak 20 SKS bagi mahasiswa yang mengikuti program ini. Program ini dapat diikuti oleh mahasiswa dari semester tiga hingga semester delapan.

Salah satu point penting pada program pertukaran mahasiswa adalah mahasiswa akan mengeskplorasi keragaman kebudayaan Indonesia melalui pembelajaran Modul Nusantara.

Di dalam Modul Nusantara terdapat empat jenis kegiatan utama.

Pertama, Kegiatan Kebinekaan di mana mahasiswa mengikuti berbagai kegiatan eksplorasi keragaman di daerah perguruan tinggi penerima.

Kedua, Kegiatan Inspirasi di mana mahasiswa berdiskusi dengan figur-figur inspiratif daerah.

Ketiga, Kegiatan Refleksi di mana mahasiswa merefleksikan pengalaman kegiatan kebinekaan dan inspirasi.

Keempat, Kegiatan Kontribusi Sosial di mana mahasiswa melaksanakan kegiatan sosial yang memberikan kontribusi kepada masyarakat di daerah perguruan tinggi penerima.

----------