Webinar Pemanfaatan Internet of Things Untuk Mendukung Smart City

Webinar Pemanfaatan Internet of Things Untuk Mendukung Smart City

Webinar ARS University – Seminar online yang di selenggaakan oleh Fakultas Teknologi Informasi ARS University merupakan salah satu dari rangkaian acara ARS Hackathon 2020 yang digelar dengan tema "Pemanfaatan Internet of Things Untuk Mendukung Smart City" dengan kategori Peserta Siswa/i SMA/Sederajat (kelompok atau mandiri) dan Umum (kelompok atau mandiri)

Dengan bapak Yudi Ramdhani selaku ketua program studi Teknik Informatika sebagai pembawa acara, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Dr.Purwadhi,M.Pd selaku rector ARS university

Webinar dengan tema “Platform IoT Antares dalam mendukung Smart City” menghadirkan narasumber yaitu Ibnu Ali Nursafa (Telkom Digital) dan juga Dede Remandani (Perwakilan Guru dari SMKN 1 Cihampelas). Dalam kegiatan webinar tersebut menjelaskan terkait ketentuan perlombaan ARS Hackathon 2020 yang memperebutkan total puluhan juta rupiah serta piala walikota Bandung, dan tutorial penggunaan Platform Antares dalam pemanfaatan aplikasi IoT.

Pak dede menjelaskan bahwa dampak SFH kegiatan belajar kurang efektif berbeda dengan siswa datang ke sekolah. Karena di sekolah sudah ada jadwal terkait belajar yang sesuai dengan kurikulum, walaupun saat ini sudah di dukung dengan teknologi yang memungkinkan siswa bisa belajar melalui beberapa pembelajaran online, namun masih kurang maksimal dengan terkendala kouta yang dibutuhkan oleh siswa saat pembelajaran Daring. Harapanya dengan ada acara ARS Hackathon 2020 ini dapat menambah kegiatan para siswa/siswi saat belajar di rumah.

Pembicara kedua yaitu Ali ibnu menjelaskan IoT yg dikembangkan oleh Telkom adalan Anteres, IoT merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif. Jika kita membangun suatu aplikasi menggunakan Antares akan lebih memudahkan karena simple karena hanya cukup menggunakan device dan sudah disediakan tutorialnya yang bisa di akses pada website Antares.id

Dan pembicara Berikutnya yaitu Rauf Ashshaly Wahyud, Fitya Lutfi, dan Toni Prabowo yang masing-masing pembicara menjelaskan mengenai registrasi user,device dan store data device via emulator, kemudian demo pembuatan aplikasi devide, dan yang terakhir demo pembuatan MIT Inverntor.

Antusiame peserta webinar sendiri luar biasa, terbukti dengan jumlah peserta yang terdaftar sekitar 639 peserta dari sekolah dan perguruan-perguruan tinggi se- Indonesia.

"Tak sampai di sini saja, ke depan, Fakultas Teknologi Informasi juga akan mengadakan webinar yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini dengan tema yang lebih menarik dan nara sumber yang tentunya bereputasi terkait ARS Hackathon 2020. Webinar ini diharapkan akan semakin menambah wawasan khususnya bagi tenaga pengajar atau dosen, mahasiswa, maupun bagi pihak-pihak lainnya.