Virtual Komunikasi Strategi Branding Pariwisata di Tengah COVID-19

Virtual Komunikasi Strategi Branding Pariwisata di Tengah COVID-19

Webinar Series FKD-ARS University-Di tengah mengahadi pandemi COVID-19 masyarakat tetap dituntut untuk berpikir positif dan bertindak kreatif. Demikian simpulan yang disampaikan oleh kedua pemateri pada kegiatan Webinar ke-3 dengan tema Pariwisata dan Tantangan Komunikasi Pemasaran di Tengah COVID-19. Hadir sebagai pembicara dari staf Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr, Frans Teguh, MA. dan Kasno Pamungkas, S.S., M.Hum selaku tim pengajar Sekolah Pascasarjana Pariwisata Universitas Padjadjaran.

Webinar yang dilaksanakan pada hari Kamis (14/05/2020) merupakan kolaborasi Fakultas Komunikasi dan Desain (FKD) bersama Fakultas Pariwisata ARS University. Dalam kesempatan webinar pemateri menegaskan bahwa masyarakat harus tetap optimas bahwa keadaan akan lebih baik setelah pandemi selesai atau ketika memasuki New Normal. Namun demikian, pelaku pariwisata tetap bisa mengoptimalkan branding pariwisata selama  pandemi COVID-19 melalui kegiatan virtual. Menurut Kasno, komunikasi pemasaran dengan menggunakan teknologi digital dapat menjadi strategi utama dalam memperkenalkan serta mempertahankan keberadaan industri pariwisata. Ia meminta agar masyarakat tetap berpikir positif bahwa industri pariwisiata di Indonesia tetap berjaya selama masih ada perhatian dari semua lapisan masyarakat. Hal senada juga diungkapkan Frans. Kita harus dapat menangkap peluang di tengah COVID, optimis bahwa industri pariwisata kita akan tetap bertahan, pungkasnya.

Webinar yang dikuti oleh ratusan peserta ini disiarkan langsung melalui saluran youtube-ARS TV. Rektor ARS University, Dr. Purwadhi, M.Pd, ketika memberikan arahan pada kegiatan webinar mengatakan, bahwa adanya media online ini diharapkan kegiatan dapat diterima secara menyeluruh dan serentak di berbagai daerah. Hal ini terbukti ketika peserta webinar terdiri dari berbagai lapisan masyarakat yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Sementara itu, Dekan Fakultas Komunikasi dan Desain, Dr. Dasrun Hidayat, M.I.Kom menjelaskan bahwa Fakultas Komunikasi dan Desain tetap konsisten menyelenggarakan webinar dengan tajuk Webinar Series. Adapun webinar berikutnya atau webinar ke-4 mengambil tema tentang Etika dan Strategi Komunikasi di Tengah COVID-19. Kegiatan ini akan menghadirkan pemateri dari praktisi media dan akademisi, tuturnya**