Bingung mencari perguruan tinggi, biaya masuk perguruan tinggi yang mahal, kondisi pandemik covid-19 yang membuat khawatir

Bingung mencari perguruan tinggi, biaya masuk perguruan tinggi yang mahal, kondisi pandemik covid-19 yang membuat khawatir

Hallo ARSnesia!

Kesempatan untuk sukses itu tidak melulu harus ke perguruan tinggi negeri!

Bingung mencari perguruan tinggi, biaya masuk perguruan tinggi yang mahal, kondisi pandemik covid-19 yang membuat khawatir, dan pertimbangan lainnya untuk menentukan lanjut studi ke perguruan tinggi.

Stay cool and humble ARSnesia. ARS University peduli dengan pertimbangan-pertimbangan yang terjadi saat ini di masyarakat, tentunya bagi kamu-kamu yang berencana melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

ARS University memberikan keringanan pembayaran biaya perkuliahan pada awal semester untuk mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 melalui program peduli covid-19. Program peduli pembiayaan perkuliahan tersebut adalah bebas biaya kuliah alias free biaya kuliah 100%. Calon mahasiswa baru hanya melakukan registrasi untuk biaya formulir Rp.280.000,- dan pra kuliah Rp.1.280.000,-. Pendaftaran pun dilakukan secara online pada laman http://pmb.ars.ac.id/, sehingga dapat memudahkan calon mahasiswa untuk melakukan pendaftaran ke perguruan tinggi. Wait tunggu dulu, program peduli covid-19 pun berlaku untuk mahasiswa yang sedang aktif, dimana untuk tahun akademik 2020/2021 ini, mahasiswa diberikan keringanan berupa potongan 50% biaya kuliah/biaya semester. Nah… ARSnesia, gimana… ARS University memang bisa, bisa, bisa… which focuses on your dream.

Sebentar jangan dulu terburu-buru daftar ke ARS University, dengan salah satu alasan biaya terjangkau. Wow… memang kenapa!. Ok, kita jelaskan lagi, selain biaya terjangkau dan peduli kepada masyarakat terutama yang memilih dan melanjutkan ke perguruan tinggi ARS University, kita pun memiliki reputasi yang baik sekali. Ada dua hal yang ingin kita jelaskan, pertama reputasi akreditasi dan kedua reputasi pemeringkatan perguruan tinggi berbasis kinerja penelitian.

Tepatnya tanggal 13 Maret 2019, Sertifikat Akreditasi institusi ARS University terakreditasi Baik Sekali. Sertifikat ini diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan No. 87/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2019. Sertifikat ini berlaku selama 5 tahun dan berakhir pada 13 Maret 2024. Ini merupakan hasil kerja cerdas seluruh civitas akademika ARS University dan Kerjasama masyarakat, mitra kerja, dan pembimbingan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI Wilayah IV).

Reputasi kedua adalah ARS University pada tahun 2019 memperoleh peringkat ke-17 perguruan tinggi di lingkukan LLDIKTI IV sebagai perguruan tinggi dengan hasil penilaian kinerja penelitian yang baik. Piagam penghargaan pemeringkatan hasil penilaian kinerja penelitian dilakukan pada upacara kesadaran nasional di hari ulang tahun Korpri pada tanggal 29 November 2019. Piagam ini bukan tanpa alasan diperoleh ARS University, berkat kerja cerdas dosen, mahasiswa, dan civitas akademika yang terus mengembangkan penelitiannya. Perguruan tinggi yang diundang mendapatkan piagam penghargaan ini sebanyak 48 perguruan tinggi, dan alhamdulillah ARS University pada urutan ke-17. Pemeringkatan penelitian ini berdasarkan surat direktur system riset dan pengembangan No. B/850/E2.4/RS.04/2019 pada tanggal 19 November 2019.

Ok, apa sampai sini sudah faham…? Wait, kita tambahkan lagi sebagai salah satu referensi untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Kuliah di perguruan tinggi itu bukan awal semester saja, bener ga… tapi paling tepat 8 semester alias 4 tahun akademik, bahkan mungkin bisa lebih dari itu, misalkan cuti/berhenti sementara karena beberapa alasan. Nah… ARSnesia, kita perlu juga mencari dan memanfaatkan program beasiswa. Program beasiswa apa saja yang bisa dimanfaatkan, yuk simak ARSnesia.

Beasiswa Internal

  1. Program Beasiswa 2020 Sarjana (Termin 1)

Pelaksanaan program beasiswa 2020 sarjana termin 1 dilaksanakan online sampai tanggal 17 Februari 2020 pada laman http://beasiswa.ars.ac.id/. Program ini terdiri dari dua jenis kategori, pertama beasiswa seleksi, yaitu tes pengetahuan umum secara online. Kedua adalah beasiswa prestasi, berupa upload berkas sertifikat, piagam, atau prestasi lainnya. Pengumuman hasil pada tanggal 3 Maret 2020 pada laman yang sama, disertakan surat LULUS resmi dari kampus beserta prosentase beasiswa yang diberikan. Sebanyak 340 siswa dinyatakan lulus dan mendapatkan SK Beasiswa.

  1. Program Beasiswa 2020 Sarjana (Termin 2)

Masih kelanjutan dari program beasiswa 2020 sarjana. Pelaksanaan Tes Seleksi Online pada tanggal 17 April 2020. Pengumuman Hasil Program Beasiswa pada tanggal 3 Mei 2020. Untuk laman daftar pada http://bit.ly/BeasiswaARS2020/ untuk Program Beasiswa 2020 Sarjana, dan http://bit.ly/BeasiswaPrestasiARS/ untuk Program Beasiswa Prestasi. Sebanyak 113 siswa dinyatakan lulus dan mendapatkan SK Beasiswa.

  1. Program Peduli Covid-19

Pada bulan Maret 2019, pandemik Covid-19 mulai terasa di wilayah Kota/Kab Bandung, turut mendukung program pemerintah Rektor ARS University mengeluarkan kebijakan peduli Covid-19 untuk mahasiswa baru dan mahasiswa aktif. Sebelumnya program ini telah dibahas.

  1. Program Beasiswa Tahfidz Al-Quran

Penghafal al-quran (hafidz), melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi kini ada kesempatan. ARS University memberikan beasiswa sampai lulus kuliah (4 tahun), dengan syarat hafal min 1 juz al-quran (dibuktikan dengan surat keterangan/sertifikat hafidz), dan seiring perjalanan kuliah IPK min 3.01. Program ini dibuka pada tanggal 1 – 30 Juni 2020, pendaftaran pada laman http://bit.ly/BeasiswaTahfidzARS.

  1. Program Beasiswa Kerjasama Sekolah

Program ini merupakan bentuk Kerjasama yang telah dilakukan antara ARS University dan sekolah. Ajuan beasiswa dari sekolah akan diakomodir oleh kampus dalam bentuk surat ajuan tertulis berisi tanda tangan kepala sekolah dan cap resmi sekolah. Ingin tau sekolah ARSnesia masuk kategori Kerjasama atau tidak, tenang saja… karena hampir seluruh sekolah (95%) di Jawa Barat sudah bekerjasama dengan ARS University.

Beasiswa Eksternal

  1. Beasiswa Diknas Kota Bandung, program dari pemerintah kota Bandung berupa bantuan sosial (bansos) Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP). Tahun 2020 ARS University mendapatkan bansos untuk 50 mahasiswa aktif.
  2. Beasiswa Jabar Future Leader, program dari pemerintah provinsi Jawa Barat berupa Beasiswa untuk program S1. Tahun 2020 ini masih dalam proses (sejak penulisan artikel ini), semoga secepatnya mendapatkan kabar yang baik, Aamiin.
  3. Beasiswa KIP-Kuliah, program beasiswa dari Pemerintah ini, perlu mendapatkan apresiasi, semoga ditengah pandemic saat ini, ARS University mendapat proporsi jumlah penerima beasiswa untuk calon mahasiswa baru dikabulkan, aamiin.

Nah, itulah beberapa peluang yang dapat dimanfaatkan oleh ARSnesia untuk memilih dan melanjutkan studi di kampus ARS University. Lets register online di kampus ARS University http://pmb.ars.ac.id/daftar which focuses on your dreams.

 

Salam,

Abi Maxsi

Dosen, Peneliti, Warek Non Akademik, Publikasi & Marketing