Barista Class Workshop Online

Barista Class Workshop Online

Kamis 30 April 2020, ARS University mengadakan Barista Class Workshop Online dengan tema “Mengenal Lebih Dekat Tren Industri Kopi” bekerjasama dengan STP ARS Internasional dan AKPAR BSI Bandung. Acara ini terselenggara selama 2 jam dengan 147 peserta melalui aplikasi Cisco Webex meetings. Acara ini diselenggarakan untuk mendukung program pemerintah melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang bekerjasama dengan Kementrian Perindustrian yang membuat kampanye nasional untuk memperkenalkan beragam pilihan kopi terbaik nusantara yang bertujuan untuk membantu UKM lokal yang memproduksi dan menjual kopi mulai dari usaha biji kopi sampai kopi siap saji. Kopi khas Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke dan sudah dikenal sebagai salah satu kopi terbaik dunia. Dengan adanya pelaku industri lokal untuk memajukan kopi nusantara sekaligus menggerakkan roda perekonomian pelaku industri kopi nasional agar tetap bergulir di tengah pandemi COVID-19. 
Pada kesempatan ini Rektor ARS University Dr. H. Purwadhi, M.Pd memberikan sambutan dan menyampaikan bahwa minat masyarakat untuk mengkonsumsi kopi cukup tinggi dilihat dari makin meningkatnya UKM yang menawarkan sajian kopi sebagai menu pilihan andalannya serta varian menu kopi yang banyak pilihannya. Acara ini menggandeng owner café “Sunda coffee” Fariz Rahmat, yang merupakan alumni dari ARS. Ia telah mendirikan usaha café ini dari 2016, dikarenakan usaha  kuliner kopi yang menjanjikan, dan juga sekalian memperkenalkan jenis kopi yang ada di Indonesia. Fariz Rahmat memaparkan dari mulai pengetahuan dasar kopi, teknik memanen buah kopi, proses pascapanen kopi, sortasi biji kopi, tahapan roasting kopi sampai peluang usaha kopi di Indonesia. 
Terdapat 25 jenis kopi yang buahnya paling komersil, tetapi hanya ada 4 jenis kopi yang paling terkenal di dunia. Dari keempat jenis kopi tersebut adalah kopi arabika, kopi robusta, kopi liberika, dan kopi ekselsa. Jenis-jenis minuman kopi diantaranya espresso based (menggunakan mesin) diantaranya : Espresso, Ristretto, Lungo, Doppio, Americano, Long black, Latte, Cappuccino, Macchiato, Mochaccino, Affogato dan masih banyak lagi termasuk racikan kopi dengan tambahan alkohol dengan nama Irish coffee. Jenis minuman kopi lainnya adalah manual Brew (manual) diantaranya : Kopi tubruk, Pour over (V60, Kalita, Chemek), Vietnam drip, Plunger atau press, Moka pot, Cold brew dan masih banyak lagi didalam prakteknya di industri.